Cara Membuat Kabel LAN Tipe Straight & Cross

HomeKomputer

Cara Membuat Kabel LAN Tipe Straight & Cross

Cara Membuat Kabel LAN Tipe Straight & Cross seringkali digunakan pada saat praktek ujian mata pelajaran sistem komputer. Maka dari itu, disini saya akan membahas cara membuat kabel LAN tipe Straight dan tipe cross dalam masing-masing cara dan langkah-langkahnya.

Fungsi kabel LAN adalah untuk mengkoneksi kan komputer satu dengan komputer lain-nya agar bisa terhubung dalam suatu jaringan komputer internet. Sedangkan, LAN (Local Area Network) adalah Jaringan Komputer yang jaringan-nya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer sekolah, kampus, gedung, kantor atau rumah.

Untuk mengkoneksikan komputer satu dengan yang lain-nya dalam suatu jaringan, maka kita membutuhkan kabel LAN / UTP, ada beberapa kabel seperti : kabel Fiber Optic, Kabel biasa (cat5 atau cat6) ataupun nirkabel (wifi).

Nah pada saat anda membeli perangkat network seperti modem router, biasa-nya anda hanya diberikan kabel LAN dengan panjang sekitar 1-2 meter saja. Bagaimana jika tempat anda memasang komputer lebih dari jarak itu? misalkan jarak-nya 10-20 meter. Nah, anda bisa memasang kabel LAN anda sendiri dengan membuat-nya.

Alat-Alat yang dibutuhkan untuk Membuat Kabel LAN

Adapun beberapa alat untuk membuat kabel LAN tipe crossover atau straight. Berikut beberapa alat yang dibutuhkan :

  1. Konektor RJ-45 / RJ45
  2. Kabel LAN / Kabel UTP
  3. Tang Krimping
  4. LAN Tester (Opsional)

Alat-alat yang disebutkan diatas bisa anda beli di toko komputer. Jika anda malas membuat kabel LAN, anda juga bisa membeli kabel LAN tersebut di toko komputer. Tapi, apa salah-nya membuat sendiri sekalian belajar bukan?.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Pangkat Atas & Bawah di Word

Cara Membuat Kabel LAN yang Benar

Nah, disini saya akan mencontohkan cara membuat kabel LAN yang benar dan dapat dikoneksi-kan ke internet di komputer atau laptop anda. Ada 2 yang akan saya buat tutorial-nya, yaitu Kabel LAN Straight dan Kabel LAN Crossover. Berikut cara-nya :

Cara Membuat Kabel LAN Straight

Kabel LAN Straight adalah kabel yang ujung satu dengan ujung lain-nya sama. Fungsi dari Kabel LAN Straight ini adalah untuk menghubungkan 2 Jenis perangkat yang berbeda misal-nya Komputer ke Router.

Cara Membuat dan Memasang Kabel LAN :

  1. Pertama, pastikan anda sudah menyiapkan alat-alat yang sudah disebutkan diatas.
  2. Kupas kabel LAN / UTP yang sudah disiapkan sepanjang 2-3 cm (disesuaikan)
  3. Setelah itu, pisahkan kabel satu per-satu dan luruskan berjejer. Susun dengan urutan Kabel Straight yaitu : putih oren-oren, putih biru-hijau, putih hijau-biru, putih coklat-coklat. *Cek Gambar.
  4. Lalu masukan kabel-kabel yang sudah disusun ke dalam Konektor RJ45-nya tersebut. Masukan dengan rada ditekan kedalam.
  5. Setelah itu, lakukan crimping menggunakan tang crimping dengan cara menekan-nya sampai berbunyi “Klik“.

Nah jika sudah, anda hanya perlu melakukan pengetesan dengan menggunakan LAN Tester tadi. Selanjut-nya adalah membuat kabel LAN cross.

Cara Membuat Kabel LAN Cross

Kabel LAN Cross atau Crossover adalah penyusunan kabel yang berbeda antara kabel ujung dengan ujung yang lain-nya. Tipe kabel cross ini biasa-nya digunakan untuk menghubungkan 2 jenis device. Contoh-nya adalah : menghubungkan komputer ke laptop untuk mentransfer data.

Cara Membuat dan Memasang Kabel LAN Cross :

  1. Pertama, pastikan anda sudah menyiapkan alat-alat yang sudah disebutkan diatas.
  2. Kupas kabel LAN / UTP yang sudah disiapkan sepanjang 2-3 cm (disesuaikan)
  3. Pisahkan kabel satu per satu, dan jejerkan kabel tersebut dengan urutan : Putih Hijau-Hijau, Putih Oren-Biru, Putih Biru-Oren, Putih Coklat-Coklat.
  4. Lalu masukkan ke Konektor RJ45-nya. Masukan rada di tekan ke dalam lalu krimping menggunakan Tang krimping.
  5. Selesai.
Artikel Terkait :  Cara Uninstall Aplikasi di Laptop / PC

Jika sudah, anda hanya perlu melakukan pengetesan apakah kabel yang anda susun sudah sukses. Jika belum, anda bisa mengulangi-nya dari awal lagi. Yahhh, hitung-hitung belajar yaa!

Penutup

Demikian-lah tutorial singkat mengenai Cara Membuat dan Memasang Kabel LAN tipe Straight & Cross-over yang Benar. Semoga dengan ada-nya artikel ini anda sudah terbantu dalam membuat kabel LAN dengan mudah.

Jika gagal dalam percobaan pertama, itu sangat wajar sekali. Terus-lah mencoba sampai berhasil, jangan patah semangat dalam belajar sesuatu yang baru ya!.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar artikel ini, atau anda ingin artikel lain yang ingin saya buatkan, anda bisa bertanya pada kolom komentar dibawah. Atau, anda bisa menghubungi saya pada halaman Kontak yang ada di website ini.

Sekian,

 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0