Cara Memperbaiki Mobil Penyok

HomeOtomotif

Cara Memperbaiki Mobil Penyok

Cara Memperbaiki Mobil Penyok – Pada saat berkendara kita seringkali mengalami kejadian / insiden tidak menyenangkan. Bisa jadi kejadian kecelakaan ringan yang menyebabkan mobil anda penyok.

Kondisi ini tentu saja mengakibatkan mobil kesayangan yang biasa diurus rapih menjadi berbeda karena ada penyok kecil pada bagian tertentu. Terlebih lagi biasanya insiden ini terjadi pada saat berangkat kerja atau bepergian keluar.

Bodi mobil yang penyok sebenarnya dapat diatas dengan membawa kendaraan tersebut ke bengkel. Namun tenang saja, ada beberapa cara memperbaiki bodi mobil jika bodi tersebut hanya penyok dikit pada beberapa bagian. Namun jika sudah parah terpaksa harus dibawa kebengkel.

Cara memperbaiki mobil penyok ini bisa anda lakukan dengan mudah dirumah anda tanpa harus body repair di bengkel. Berikut cara memperbaiki mobil penyok dengan mudah.

Cara Memperbaiki Mobil Penyok

Kondisi mobil penyok biasanya disebabkan karena terbentur sesuatu, kurang hati-hati pada saat parkir kendaraan, tertimpa benda dari atas dan banyak penyebab lainnya. Beberapa bagian yang sering terkena penyok biasanya adalah mobil penyok depan, mobil penyok belakang dan bagian kanan/kiri mobil.

Berikut langkah-langkah dari cara memperbaiki mobil yang penyok kecil maupun besar dengan mudah.

Hair Dryer dan Cairan Karbondioksia

Dengan memanfaakan pengering rambut atau hair dryer ini terbukti ampuh untuk mengatasi penyok pada mobil, dengan menggunakan campuran cairan karbondioksida untuk mengatasinya. Anda dapat membeli cairan karbondioksia di toko-toko kimia di dekat anda.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti :

  • Pertama, Pastikan anda sudah menyiapkan hair dryer dan cairan karbondioksia nya.
  • Nyalakan Hair Dryer kemudian arahkan uap panas dari hair dryer tersebut ke arah bagian penyok pada mobil.
  • Lakukan kegiatan tersebut sampai bagian pada penyok mobil anda merasa sudah cukup panas. Biasanya memanaskan area tersebut akan berbeda, ini tergantung dari kondisi parah tidaknya penyok pada mobil tersebut. Untuk penyok bagian yang terlalu besar biasanya memakan waktu kurang lebih 5 menit.
  • Jika sudah dirasa cukup panas, semprotkan cairan karbondioksida pada bagian penyok mobil yang sudah dipanaskan.
  • Kemudian tekan-tekan pada bagian penyok sampai sudah kembali ke bentuk asalnya.

Tutorial ini memanfaatkan perubahan suhu yang tiba-tiba pada bagian mobil yang penyok tersebut, sehingga bagian penyok itu tertarik kembali akibat hentakan daya dorong yang muncul akibat perubahan suhu yang drastis dalam waktu yang singkat.

Seperti yang anda ketahui, Hair Dryer mampu meningkatkan suhu sangat drastis dan fungsi cairan karbondioksida nya untuk menurunkan nya secara drastis sampai dengan sekitar -109 derajat celcius. Dengan perubahan suhu inilah kondisi penyok pada mobil bisa diatasi dan kembali kebentuk asalnya.

Cara ini bisa anda gunakan jika kondisi mobil penyok dengan ukuran kecil, jika terlalu dalam atau bahkan sampai hancur silahkan anda bawa ke bengkel / ketok magic terdekat.

Vakum

Langkah lainnya untuk memperbaiki mobil penyok ialah dengan menggunakan vakum. Alat ini biasanya banyak di jual di minimarket maupun toko onderdil di area terdekat anda.

Cara kerja dari Vakum ini ialah dengan menghisap bagian penyok pada mobil sehingga penyok pada mobil dapat terangkat kembali ke posisinya semula. Meskipun terdengar sangat mudah, dengan menggunakan perkakas ini membutuhkan keahlian khusus. Dengan Plat bodi berukuran setebal 1 mm atau 2 mm agak sulit kalau belum terbiasa menggunakannya, lebih baik diserahkan kepada ahlinya.

cara memperbaiki mobil penyok

 Contoh Mobil Penyok

Air Panas

Cara Memperbaiki mobil penyok dengan air panas sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan menggunakan hair dryer. Namun bedanya, cara ini tidak perlu menggunakan bahan untuk melenturkan bodi yang penyok dengan hair dryer. Tentu cara merupakan opsi lain jika anda tidak memiliki hair dryer dirumah.

Berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti :

  • Pastikan anda sudah menyiapkan air yang panas, ini berguna untuk memanaskan secara tiba-tiba bagian mobil anda yang penyok tersebut.
  • Kemudian, siramkan sedikit demi sedikit air panas tersebut ke bagian yang penyok tersebut. Anda dapat menggunakan teko atau gayung sebagai wadah untuk menampung air panas tersebut.
  • Gunakan kain untuk memberikan tekanan pada mobil yang penyok hingga kembali kedalam bentuk asalnya.
  • *Perhatikan, Jangan terlalu keras menekan bagian yang penyok tersebut. Karena resiko jika anda menekan terlalu keras adalah dapat membuat bagian penyok yang ada pada mobil anda menjadi pecah.
  • Kemudian ulangi langkah-langkah diatas sampai bagian penyok tersebut kembali ke bentuk semula.

Tutorial ini sudah dikenal oleh khalayak umum, karena cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi bagian mobil yang penyok dengan mudah.

Cara memperbaiki bumper mobil yang penyok juga bisa menggunakan cara ini. Namun perlu diingat, cara ini hanya dapat dilakukan untuk jenis bumper yang memiliki bahas plastic ataupun dengan serat karbon sehingga dapat memudahkan anda ketika menarik keluar bagian yang penyok.

Es Batu

Cara Memperbaiki mobil penyok dengan es batu namun dengan tambahan bahan, Bahan tambahan yang disebut disini ialah Pengering rambut (hair dryer) dan kompresor angin. Dengan gabungan ketiga bahan ini anda bisa dengan mudah memperbaiki bagian mobil anda yang penyok ke bentuk asalnya.

Caranya terbilang mudah, simak langkah-langkah untuk menerapkannya berikut :

  • Pastikan anda sudah menyiapkan bahan-bahannya, yaitu Es Batu, Hair Dryer dan Kompresor angin.
  • Cara pertama, anda hanya perlu menempelkan es batu pada bagian penyok pada mobil anda dan biarkan selama kurang lebih 3 menit.
  • Tunggu sampai berbentuk butiran-butiran salju yang keluar dan mengitari area pada bagian penyok tersebut di mobil anda.
  • Jika sudah, lepaskan es batu tersebut lalu gunakan hair dryer untuk memanasi kembali penyok yang ada pada mobil sampai bagian penyok tersebut sudah mulai kembali ke semula.
  • Cara ini dapat dilakukan dengan mudah apabila kondisi bagian yang penyok pada mobil tidak terlalu parah.

Palu Karet

Selain cara mudah yang ada diatas, ada lagi cara mudah memperbaiki mobil penyok dengan menggunakan palu karet. cara ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus melakukan body repair yang bisa anda jadikan referensi.

Caranya cukup mudah, Anda hanya harus menyiapkan palu karet kemudian tekan bagian penyok dari luar dan ketok secara perlahan dari bagian penyok dalam.

Pops A Dent

Pada beberapa kasus, Memperbaiki mobil yang penyok dengan menggunakan cara memanaskan dapat merusak area yang penyok tersebut sehingga mengakibatkan karat. Bahkan terkadang dapat mengakibatkan warna cat pada bagian dasar mobil menjadi memudar.

Nah pada bagian ini anda bisa menggunakan cara yang berbeda, Cara memperbaiki mobil penyok menggunakan pops a dent. Apasih Pops A Dent itu? Pops A Dent merupakan produk khusus yang berfungsi untuk mendistribusikan tekanan secara merata pada seluruh “jembatan” untuk menghindari resiko tambahan keluar pada bagian kerusakan yang ada di mobil anda.

Cara Menggunakan Pops A Dent untuk memperbaiki penyok mobil yaitu :

  • Pertama siapkan Pop A Dent / Pad lem yang sesuai dengan ukuran bagian penyok pada mobil anda.
  • Kemudian, panaskan Glue Stick selama kurang lebih 5 menit. Jangan berlebihan!
  • Biarkan lem mengering dahulu, Kemudian pastikan lem benar benar lengket. Jangan biarkan lem menempel pada bagian penyok mobil anda lebih dari 8 menit.
  • Bila hasil yang anda temukan kurang memuaskan, anda dapat mengulangi cara diatas.

Untuk hasil dari Produk ini tergantung dari ukuran dan lokasi penyok mobil anda. Jika mengalami penyok yang lumayan besar, sebaiknya anda mengulaminya dengan cara rotasi searah jarum jam hingga hasil yang dihasilkan sesuai yang anda inginkan.

Namun alat ini hanya dapat digunakan pada mobil yang masih memiliki cat bawaan pabrik saja. Jika anda menggunakannya pada bagian cat yang sudah mengelupas, maka dapat menyebabkan cat mengelupas bertambah parah pada bagian tersebut.

Keunggulan produk Pop A Dent yaitu :

  • Caranya yang sangat mudah, dengan memutar dan merekatkan pada bagian yang penyok.
  • Tidak merusak cat mobil anda jika menggunakan cat bawaan pabrik.
  • Dapat digunakan sesuai kondisi penyok mobil anda.
  • Lebih menghemat biaya daripada membawanya ke bengkel.
  • Mobil dapat kembali ke kondisi semula dengan mudah.

Penutup

Berikut adalah artikel pembahasan dari Cara memperbaiki Mobil yang Penyok dengan mudah, kondisi mobil penyok memang dapat membuat mobil menjadi kurang enak untuk dipandang apalagi pada bagian penyok tersebut. Maka dari itu, selalu hati-hati dalam membawa kendaraan yaa.

Semoga dengan artikel ini kondisi mobil yang penyok tersebut bisa diatasi, dan dapat menambah wawasan anda menjadi lebih luas tentang otomotif.

Sekian,

0

COMMENTS

WORDPRESS: 0