Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Memperbarui Play Store

3 min read

Cara Memperbarui Play Store ke Versi Terbaru

Cara Memperbarui Play Store – Hal penting yang harus di lakukan agar tetap aman dan nyaman pada saat digunakan ialah memperbarui play store versi lama ke versi baru. Karena sering terjadi, jika kita mengunduh aplikasi tidak bisa melakukan download karena play store yang digunakan versi lama.

Biasanya, play store akan melakukan update atau memperbarui sendiri di latar belakang pada saat anda terkonek ke wifi. Tapi, karena alasan tertentu bisa saja play store gagal memperbarui otomatis.

Dalam kasus gagal perbarui play store, maka anda diharuskan melakukan pembaruan play store secara manual. Tapi bagaimana cara-nya? mudah kok. Simak cara-cara yang akan dijelaskan dalam artikel ini untuk dapat memperbarui playstore ke versi terbaru.

Cara Memperbarui Play Store ke Versi Terbaru

Tapi, sayang-nya banyak yang belum mengetahui cara memperbarui play store versi lama ke versi baru. Maka dari itu banyak pengguna android yang tetap bertahan menggunakan aplikasi Google Play Store versi lama.

Padahal versi lama play store banyak kekurangan-nya misalnya Tidak dapat menginstall aplikasi, play store tidak bisa dibuka dan lain-nya.

Nah, disini saya akan menjelaskan 3 cara untuk memperbarui play store lama anda.

Berikut 3 cara yang bisa anda lakukan untuk memperbarui play store ke versi terbaru.

Memperbarui Play Store melalui Menu Setting

Jika play store tidak bisa download atau play store tidak bisa dibuka di ponsel android anda, maka anda bisa mencoba melihat bagian pengaturan pada Play Store dan lihat apakah ada pembaruan dari Play Store anda.

Artikel Terkait :  Cara Melihat Alamat Email Sendiri

Untuk cara-nya sebagai berikut.

  1. Pertama, buka aplikasi Google Play Store di ponsel android anda.
  2. Pilih icon 3 garis yang ada di sebelah kiri atas, dan pergilah ke menu Setelan / Pengaturan
  3. Setelah sudah masuk, scrool ke bagian bawah dan tekan menu Versi Play Store
  4. Jika ada pembaruan versi Play Store, biasa-nya anda akan disuruh untuk melakukan update ke Play Store terbaru.
  5. Pastikan koneksi internet anda stabil ya pada saat memperbarui play store.
  6. Tunggu sampai proses pembaruan selesai, jika sudah tutup play store-nya dan buka kembali
  7. Cek apakah play store sudah di versi terbaru bagian Setting tadi. Jika sudah terbaru maka akan ada notifikasi “Versi Google Play Store sudah yang terbaru”.

Nah jika sudah maka anda sudah berhasil melakukan pembaruan play store versi lama ke versi baru.

Tapi disarankan jika sudah melakukan pembaruan, maka lakukan restart terhadap ponsel anda agar play store bisa berjalan dengan stabil.

Memperbarui Play Store melalui Uninstall Pembaruan

Cara selanjut-nya adalah melalui opsi uninstal pembaruan play store, tapi perlu diingat ini bukan menghapus aplikasi google play store ya.

Uninstall Pembaruan play store ini hanya menghapus versi pembaruan-nya saja, bukan menghapus aplikasi play store-nya.

Tapi disini, play store akan kembali ke versi awal atau versi pertama pada saat anda membeli ponsel tersebut. Tujuan-nya, untuk mereset settting yang ada di play store yang tadinya nonaktif menjadi aktif kembali. Dan anda pun bisa memperbarui play store lagi.

Untuk cara melakukan-nya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pertama, pergi ke menu Pengaturan / Setelan yang ada di ponsel anda.
  2. Jika sudah, cari menu Kelola Aplikasi dan masuk ke menu tersebut. *Terkadang nama Aplikasi berbeda tiap merk atau tipe android. Biasa-nya menyesuaikan versi sistem yang dipakai. Tapi intinya, cari pengaturan yang didalam-nya berisi daftar Aplikasi Terinstall di ponsel
  3. Nah didalam menu Kelola Aplikasi, anda akan menemukan semua aplikasi yang terinstal di ponsel android anda. Geser ke bawah dan cari aplikasi Google Play Store.
  4. Kemudian klik menu Uninstal Pembaruan atau Uninstal Updates.
  5. Nah setelah proses Uninstal sukses, masuk kembali ke Google Play Store anda.
  6. Maka anda akan melihat tampilan awal dari Google Play Store dari versi lama.
  7. Setelah itu anda bisa menutup ponsel anda dan biarkan aplikasi Google Play Store melakukan pembaruan dengan sendiri-nya.
Artikel Terkait :  Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP

Biasanya, play store akan melakukan update otomatis pada saat anda menggunakan versi lama. Tapi, pastikan koneksi internet anda stabil ya pada saat melakukan pembaruan play store.

Karena jika tidak pembaruan akan memakan waktu yang cukup lama.

Memperbarui Play Store dengan Melakukan Pembaruan Manual

Cara terakhir jika cara diatas masih belum berhasil ialah melakukan pembaruan play store secara manual. Tapi gimana sih caranya? yaitu dengan mendownload aplikasi Google Play Store di website. Tapi ini bukan website resmi ya, ini hanya website penyedia aplikasi yang ada di play store.

Play store juga sebenar-nya adalah aplikasi biasa dan berextensi APK. Maka dari itu, anda bisa melakukan pembaruan secara manual dengan mengganti file play store dengan yang terbaru.

Biasa-nya di website lain-nya anda akan menemui play store versi lama sampai ke versi yang terbaru, contoh-nya pada website apkmirror.com.

Untuk cara memperbarui play store secara manual, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, anda harus mengunduh atau mendownload aplikasi Google Play Store dalam format apk. Anda bisa mendownload-nya di website sini : https://www.apkmirror.com/apk/google-inc/google-play-store/
  2. Jika sudah selesai mendownload APK-nya, anda bisa langsung memasang aplikasi atau APK yang barusan anda download.
  3. Maka secara otomatis play store anda akan berganti ke versi yang terbaru.

Nah dengan cara diatas, anda tidak usah pusing-pusing menunggu lama pembaruan play store. karena anda bisa mengunduh langsung dan menginstal-nya dengan cara diatas.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara memperbarui play store versi terbaru, 3 cara diatas bisa anda lakukan dengan mudah untuk mengatasi play store tidak bisa dibuka atau play store tidak bisa download.

Semoga dengan cara diatas anda terbantu dalam mengatasi masalah ini.

Artikel Terkait :  Cara Menambah Masa Aktif XL

Sekian,

 

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *