Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Mengatasi Ghost Touch

2 min read

cara mengatasi ghost touch samsung

Cara Mengatasi Ghost Touch dengan Mudah di semua Smartphone – Permasalahan yang sering terjadi di smartphone android adalah Ghost Touch. Istilah Ghost Touch diambil karena layar pada android bergerak/mengetik sendiri tanpa kita gerakan.

Hampir di semua Smartphone Android contoh : samsung, xiaomi, oppo, vivo dan smartphone lainnya.

Kejadian Ghost Touch tidak bisa dipungkiri menjadi masalah utama pada smartphone, dikarenakan mengganggu aktivitas ketika sedang menggunakan ponsel.

Tapi tenang, ada beberapa cara untuk menghentikan Ghost Touch tersebut. sebelum masuk ke Cara mudah Mengatasi Ghost Touch di semua Smartphone , kita kenali dulu yuk apasih penyebab Ghost Touch itu terjadi.

Kenapa Ghost Touch terjadi?

Permasalahan Ghost Touch ini bukanlah terjadi secara tiba-tiba, namun Ghost Touch terjadi dikarenakan banyak variasi, terutama ada permasalahan dari sisi hardware yang bertempat di dalam casis di mesin dalam smartphone anda.

Cara Mengatasi Ghost Touch di Smartphone

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi Ghost Touch di smartphone anda sebelum anda bawa ke tempat service, cara ini bisa anda lakukan dirumah dengan mudah lho!. Berikut caranya :

Restart Smartphone Anda

Cara termudah pertama yaitu anda cukup merestart smartphone anda, guna merestart ini adalah untuk merefresh penggunaan smartphone dari 0 dan menstabilkan kembali kinerja Smartphone anda.

Bersihkan Pelindung Layar

Kotoran yang ada dalam pelindung layar juga bisa menjadi masalah terjadinya Ghost Touch, jika permasalahan Ghost Touch terjadi dikarenakan Pelindung Layar atau Tempered Glass ini. Anda cukup membersihkan layar anda atau anda bisa mengganti pelindung layar anda dengan yang baru.

Artikel Terkait :  Cara Buat Akun Google Tanpa Nomor HP

Periksa Charger Smartphone

Charger dengan watt tinggi bisa menjadi salah satu terjadinya Ghost Touch, kenapa? Dikarenakan tegangan yang ada dalam charger tersebut tidak bisa ditampung di smartphone anda. Apalagi smartphone anda low-end. Itu bisa jadi salah satu permasalahan yang bisa menyebabkan Ghost Touch tersebut.

Gunakanlah Charger bawaan Smartphone anda yang diberikan pada saat membeli produk, Jangan coba-coba beli yang tidak asli / KW ya dikarenakan bisa merusak smartphone anda juga lho.

Layar Terlalu Panas

Jika anda terlalu sering menggunakan smartphone, Layar terlalu panas juga bisa menjadi salah satu masalah terjadinya Ghost Touch lho.

Sebaiknya jika layar anda panas, anda diamkan beberapa menit sampai suhu kembali normal. Anda juga bisa menggunakan tembaga pada bagian dalam casing smartphone anda guna meredam suhu panas tersebut.

Baterai Kehabisan Daya

Dalam beberapa kasus, Ghost Touch terjadi dikarenakan baterai smartphone anda kehabisan daya dikarenakan penggunaan berlebihan. Segeralah mengisi baterai ponsel anda.

Apabila baterai sudah mulai menggelembung, ganti baterai mungkin jadi salah satu cara mengatasi Ghost Touch yang disebabkan karena Baterai yaa.

Atur Ulang Kalibrasi Layar

Cara Selanjutnya adalah mengkalibrasi ulang layar Smartphone anda. Caranya juga cukup mudah yaitu anda bisa mendownload di playstore aplikasi dengan nama “Kalibrasi Layar Sentuh” dan Jika sudah mendownload nya, anda cukup mengikuti instruksi panduan yang ada didalam aplikasi tersebut.

Pada saat proses kalibrasi selesai, aplikasi tersebut akan menampilkan nilai akurasi dari kalibrasi tersebut. Aplikasi tersebut bisa menjalankan fungsinya lebih baik ketika ponsel anda dalam kondisi ROOT.

Melakukan Factory Reset/Reset Ulang

Jika cara diatas semua tidak berhasil, mungkin cara terakhir yang bisa anda lakukan jika Ghost Touch masih mengganggu smartphone anda yaitu anda bisa melakukan Factory Reset.

Artikel Terkait :  Cara Translate Aksara Jawa di Android dan PC

Perlu diketahui, Reset Ulang Smartphone akan mereset semua data dan aplikasi anda. Semua tampilan layar akan menjadi seperti baru. Maka lakukanlah backup pada semua data anda. Anda bisa menaruh data tersebut di Kartu SD / FlashDisk / Harddisk.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Ghost Touch di semua smartphone mulai dari xiaomi, oppo, vivo, samsung dan merk-merk smartphone lain-nya. Semoga dengan ada-nya artikel ini anda dapat terbantu dalam mengatasi ghost touch di hp anda.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar artikel ini atau anda mempunyai permasalahan seputar teknologi dan ingin dibantu selesaikan, anda bisa berkomentar pada kolom komentar dibawah.

Selagi permasalahan yang anda alami seputar teknologi, misal-nya seperti : Android, sosial media, laptop atau lain-nya, insyallah bisa saya bantu selesaikan.

Untuk anda yang tidak ingin ketinggalan informasi update lebih lanjut di website mencaricara.com, anda bisa follow akun fanspage facebook kami di MencariCara.com

Sekian,

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *