Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Mengatasi Laptop Hang

5 min read

cara mengatasi laptop hang

Cara Mengatasi Laptop Hang – Laptop adalah komputer dalam bentuk yang kecil yang bisa anda bawa kemanapun anda mau, laptop biasanya berukuran relatif kecil dan ringan saat dibawa karena itulah laptop sering menjadi alat kerja yang simple.

Laptop yang lancar ketika digunakan untuk bekerja maupun bermain game membuat kita nyaman untuk memakainya di kegiatan sehari-hari.

Akan tetapi, kenyamanan bisa saja terganggu pada saat laptop yang kita gunakan tiba-tiba saja menjadi hang atau mati. Ketika hal itu terjadi, anda bisa menerapkan beberapa cara yang akan kita bahas mengenai cara mengatasi Laptop hang berikut.

Karena untuk saat ini laptop sudah menjadi bahan pokok untuk seorang pelajar, guru maupun pengusaha sekalipun. ini karena tampilan yang ada pada laptop dan ringan untuk dibawa kemana saja.

Seiring perkembangan jaman dan teknologi software, banyak dari pengguna laptop yang menginstall aplikasi tanpa mengecek terlebih dahulu asal usul atau prioritas aplikasi yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

Hal ini sangat memungkinkan terjadinya hang pada laptop, karena kelebihan beban akibat tidak melihat batas beban yang dibutuhkan untuk menggunakan software tersebut. Itu bisa mengakibatkan hang, lemot bahkan bisa crash.

Memang selain hardware(Mesin), salah satu dari banyak penyebab yang bisa menyebabkan laptop terjadi hang ialah dari Pemakaian yang tidak wajar, yang dimaksud pemakaian tidak wajar disini ialah pada saat anda menggunakan laptop terlalu keras dan membiarkan nya seharian tanpa mematikan mesin laptop.

Itu membuat kinerja laptop menjadi lambat karena berhari-hari tidak di matikan (Restart).

Banyak sekali kerusakan pada laptop yang seharusnya dapat anda bedakan melalui gejala yang terjadi, bisa terjadi karena banyak hal contohnya : Hang ,  Lemot / ngelag , Not responding / tidak merespon bahkan membuat laptop merestart sendiri (Baca : 8 Cara Mengatasi laptop merestart sendiri).

Berikut adalah penyebab sekaligus cara mengatasi laptop hang kursor tidak bergerak yang sering terjadi dan ampuh diatasi dengan cara berikut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang

cara mengatasi laptop hang

Banyak faktor yang menyebabkan laptop terjadi hang, berikut adalah daftar umum terjadinya laptop hang.

Masalah Pada Hard Disk

Cara mengatasi laptop hang yang pertama ialah masalah pada harddisk, masalah pada harddisk seringkali terjadi dikarenakan banyak hal mulai dari error sampai bad sector. Harddisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang dapat menyebabkan laptop menjadi Hang.

Masalah laptop menjadi hang karena harddisk disebabkan karena :

  • Harddisk Low Space
  • Harddisk Sudah Lama (Berumur) , itu menyebabkan RPM nya menurun.
  • Harddisk Error / Bad Sector.
  • Harddisk Lemot.

Berikut adalah cara mengatasi laptop hang dikarenakan masalah harddisk :

  1. Upgrade Harddisk dengan menambah Harddisk Internal anda atau mengganti / upgrade Harddisk.
  2. Melakukan Defragment Disk dengan minimal waktu 1 Bulan sekali.
  3. Hindari debu yang masuk, goncangan atau panas yang berlebih ke dalam laptop.
  4. Untuk mengatasi Harddisk Lemot / error baca artikel berikut Cara Mengatasi Harddisk Lemot

Hang karena Adanya Corrupt pada File

File terjadi corrupt dapat menyebabkan banyak hal, bisa menyebabkan laptop anda hang bahkan crash. File corrupt biasanya disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam laptop anda.

Untuk cara mengatasi laptop hang karena ada-nya corrupt pada file. Dan jika keadaan laptop anda belum terlalu parah, anda bisa mengecek jenis virus atau menghapus virus dengan antivirus yang bisa anda cari di google.

Namun jika sudah parah, kemungkinan terbesar yang bisa anda lakukan ialah menginstall ulang kembali laptop anda untuk merefresh kembali settingan dari awal. *Jangan Lupa Membackup File penting pada saat menginstall ulang Laptop

Hardware yang Overheat

Hardware overheat bisa menyebabkan laptop menjadi hang karena hardware ditekan untuk bekerja terlalu keras. Nah untuk cara mengatasi laptop hang sehingga kursor tidak bergerak karena hardware yang overheat ini kalian harus pastikan hardware mana yang terkena masalah tersebut.

Masalah hardware overheat seringkali terjadi pada komponen CPU, Harddisk, Processor dan VGA Card.

Hal ini dapat memberatkan laptop saat terjadi masalah sehingga memaksa laptop untuk menurunkan kinerja laptop itu sendiri dan akhirnya laptop menjadi hang. dan bahkan sering juga, laptop menjadi merestart sendiri karena hardware terlalu overheat.

Pastikan suhu ruangan dan suhu laptop selalu stabil dengan cara menambahkan fan / kipas tambahan pada bagian bawah laptop, ini berfungsi supaya CPU mendapatkan sirkulasi udara yang cukup dan dapat bekerja dengan baik.

Banyaknya Program yang Berjalan

Ini juga salah satu yang menyebabkan laptop hang, disebabkan karena laptop menjalankan banyak program sehingga membuat kinerja laptop melemah dan menjadi hang.

Kinerja pada laptop semua bergantung pada berapa besar RAM yang anda gunakan, RAM menampung semua aplikasi yang berjalan. Jika RAM penuh itu dapat membuat keadaan laptop menjadi hang dan crash.

Cara mengatasi laptop hang kursor tidak bergerak ini terjadi karena banyak-nya program berjalan. Anda bisa mencari aplikasi yang tidak perlu dan end process aplikasi tersebut. Berikut cara-nya :

  • Klik pada Keyboard anda CTRL + ALT + DEL kemudian pilih menu Task Manager.
  • Jika sudah masuk kedalam task manager, pilih aplikasi yang memakan banyak RAM anda.
  • Klik nama software tersebut, kemudian pada bagian bawah klik End Process

Mengatasi Laptop Hang

Tunggu beberapa saat sampai program tersebut berhasil di hentikan, lalu cek kembali apakah ada aplikasi lain yang memakan banyak RAM. Lihat apakah RAM yang tadinya penuh sekarang sudah berkurang dan kinerja laptop sudah menjadi lancar lagi.

Memiliki RAM yang Kecil

Seperti yang dibahas diatas, fungsi RAM cukup perlu diperhatikan. itu karena RAM yang mengatur dan menyimpan jalannya aplikasi. Jika ram yang anda gunakan terlalu minim itu dapat memungkinkan laptop anda menjadi hang.

Alangkah baiknya jika anda menginstall sesuatu yang baru, pikirkan kembali apakah aplikasi tersebut penting atau tidak untuk diinstall. Karena jika tidak, aplikasi tersebut dapat menyia-nyiakan penggunaan RAM pada laptop anda.

Dan cek terlebih dahulu apakah spesifikasi software yang anda install apakah memungkinkan untuk dijalankan di laptop anda.

Untuk cara mengatasi laptop hang karena RAM yang terlalu kecil, disarankan untuk mengupgrade RAM ke yang lebih besar atau anda bisa menambahkan RAM.

Pada umumnya laptop disediakan beberapa slot untuk menambahkan ram, karena ram dapat berpengaruh besar terhadap lancar nya laptop anda.

Temporary File sudah terlalu banyak

File temporary adalah file yang penggunaannya hanya sementara dan menjadi berlebihan pada saat program tersebut selesai digunakan. File sementara ini dibuat untuk menyimpan data sementara pada saat sedang membuat, memproses atau menggunakan program.

Terlalu banyak menyimpan file sementara ini juga dapat menyebabkan laptop menjadi hang. Sebaiknya selalu mengecek file yang tersimpan lama di memory laptop dan selalu membersihkannya.

Untuk mengecek file sementara biasanya ditempatkan di folder “Local Disk C:/Windows/Temp“. Untuk membersihkannya, hapus file yang terdapat pada folder temp tersebut atau anda bisa menjalankan program Disk CleanUp pada laptop anda.

Terlalu Banyak Antivirus yang Digunakan

Security Program atau antivirus yang digunakan pada laptop dapat mengganggu kinerja laptop, aplikasi tambahan ini baik jika digunakan 1 atau 2 saja. Karena kalau terlalu banyak, maka akan bentrok satu sama lain dari antivirus yang digunakan.

Anda bisa mengunakan antivirus bawaan laptop yang bernama Windows Firewall. 

Nah untuk cara mengatasi laptop hang karena antivirus, anda bisa mencoba untuk menghapus antivirus yang tidak berguna pada laptop anda, lalu biarkan satu antivirus saja yang berjalan pada laptop anda untuk mengurangi penggunaan RAM yang tidak perlu.

Terdapat Virus yang Menyerang

Virus mengakibatkan laptop hang

Apabila laptop sudah terlebih dahulu terserang oleh virus atau malware, maka sebaiknya anda jalankan Windows Safe Mode, matikan system restore pada laptop anda dan gunakan program Virus Cleaner untuk menghapus virus tersebut.

Contoh antivirus atau Virus Cleaner yang anda bisa gunakan yaitu Kapersky Security untuk membersihkan virus yang ada di laptop anda. Jangan lupa mengupdate sistem operasi yang anda gunakan untuk mencegah masuknya virus.

Adanya Masalah pada Jaringan

Penyebab dari masalah jaringan ini biasanya terjadi karena traffic pada jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang bahkan virus yang menyerang dan mencoba masuk ke sistem laptop anda.

Untuk cara mengatasi laptop hang karena masalah jaringan, cobalah melepas lalu memasangkan kembali konektor pada RJ45 di Lan Card, atau restart switch dan gunakan port scanner untuk melihat paket apa saja yang keluar dan masuk dari laptop anda.

Disable Program StartUp

Pada saat program startup dimulai, laptop akan melakukan loading dari data-data sistem. Perlu diketahui, Loading tersebut juga termasuk berbagai aplikasi yang terinstall di laptop anda.

Sebenarnya ini normal, namun jika berlebihan atau terlalu banyak. Efeknya akan sama seperti Temporary File yang dibahas tadi.

Untuk mengatasinya :

  1. Pada kolong search ketik MSCONFIG, kemudian masuk ke tab Startup.
  2. Lalu hilangkan centang pada aplikasi yang sudah tidak diperlukan.
  3. Selanjutnya ke tab Service, Centang Opsi Hide All Microsoft Service.
  4. Kemudian hilangkan lagi centang pada aplikasi yang sudah tidak diperlukan.

Terlalu Banyak Program

Terlalu banyak program yang berjalan juga bisa menyebabkan laptop terjadi hang. Pada dasarnya, penggunaan yang berlebihan memang tidak baik.

Nah cara mengatasi laptop hang karena terlalu banyak program, anda bisa mencoba untuk meng-uninstall aplikasi yang sudah tidak berguna.

Periksalah apa saja program yang tidak perlu di laptop anda, kemudian hapus program tersebut dengan cara masuk ke menu Start > Control Panel > Unninstal a Program.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Nah berikut adalah cara mengatasi laptop hang pada saat melakukan aktivitas.

Masalah hang pada saat Booting

  1. Langkah pertama, masuk ke dalam mode BIOS dahulu. Setiap laptop memiliki tombol yang berbeda, maka dari itu sesuaikan tombol untuk masuk ke BIOS sesuai laptop anda.
  2. Jika sudah didalam BIOS, pilih menu Advance BIOS Features.
  3. Cari menu BIOS Cache kemudian disable pilihan tersebut.
  4. Jika sudah, masuk kembali ke dalam windows lalu cek apakah sudah normal.

Masalah hang saat Not Responding

  1. Langkah Pertama, tekan tombol CTRL + Shift + ESC / CTRL + ALT + DEL pada keyboard anda.
  2. Kemudian pilih program yang mengalami Not Responding, lalu klik pilihan End Task
  3. Jika sudah, biasanya laptop sudah kembali normal.

Masalah hang saat bermain Game

Penyebab laptop hang pada saat bermain game biasanya karena masalah harddisk dan lainnya, misalnya :

  1. Spesifikasi Laptop tidak memadai.
  2. Kipas Laptop mati.
  3. Processor dan VGA Card yang Overheat.
  4. RAM tidak memumpuni.

Cara mengatasi laptop hang saat bermain game sebagai berikut :

  1. Pastikan pada saat bermain Game, lihat spek minimum game tersebut apakah sudah sesuai dengan spek laptop anda.
  2. Pasang Fan tambahan pada bagian bawah laptop.
  3. Periksa keadaan Processor dan VGA Card, jika overheat biarkan beberapa jam sampai suhu stabil.
  4. Tambah / Upgrade RAM anda.

Penutup

Berikut adalah macam-macam penyebab dan cara mengatasi laptop hang dengan mudah. Ikuti cara diatas untuk mencegah laptop terjadi hang.

Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kita menjadi lebih luas lagi.

Sekian,

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *