Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Mengatasi Recovery Mode Android Bermasalah

3 min read

Cara Mengatasi Recovery Mode Android Bermasalah– Pernahkan anda mengalami kesulitan atau terjebak dalam mode recovery bermasalah? Berikut artikel yang akan membahas tentang cara mengatasi recovery mode android bermasalah.

Pertama-tama, apa itu recovery mode? Recovery mode adalah sebuah sistem yang menyediakan menu untuk melakukan Pemulihan pada perangkat Android yang dapat di akses dengan cara menekan kombinasi tombol di perangkat android. Dengan contoh menekan tombol Power + Volume Up / Down.

Nah, untuk beberapa kerusakan yang ada pada sistem ponsel android anda, biasanya kita harus masuk ke dalam recovery mode untuk melakukan perbaikan tersebut.

Tapi banyak dari pengguna android yang sering kesulitan untuk masuk ke dalam recovery mode dan mengeluh tidak bisa masuk ke dalam mode tersebut.

Yang dimaksud Tidak Bisa Masuk disini bisa terjadi karena beberapa hal. Tapi intinya ialah keadaan HP Android mengalami stuck dalam kondisi mati. atau pada saat menyalakan ponsel akan terus menerus masuk ke dalam sistem. Berikut cara mengatasi recovery mode android yang bermasalah di semua merk ponsel.

Cara Mengatasi Recovery Mode Android Bermasalah

Ada beberapa penyebab dari recovery mode android bermasalah, contohnya tidak bisa masuk recovery mode android dan tidak ada perintah di recovery mode android. Disini semua akan dibahas secara tuntas.

Mengatasi Recovery Mode Tidak ada Perintah

Cara Mengatasi Recovery Mode Android Bermasalah

Ketika kamu sudah masuk ke dalam recovery mode, tapi kenapa tidak ada perintah yang muncul? Mungkin ini disebabkan karena perangkat android anda error atau tidak sengaja mengubah setelan nya sehingga membuat recovery mode android bermasalah.

Artikel Terkait :  Cara Mengatasi Ghost Touch

Ada beberapa hal yang membuat recovery mode tidak ada perintah, biasanya terjadi karena superuser atau aplikasi root lainnya telah dihentikan pada saat proses berjalan.

Salah satu cara termudah untuk mengatasi recovery mode tidak ada perintah. Sebelumnya, pastikan anda sudah melepas kartu simcard yang ada di ponsel android anda. Berikut caranya :

  1. Pertama, masuk ke dalam Recovery Menu dengan menekan tombol Power + Volume atas / Power + Volume bawah / Power + Volume atas + Volume bawah / Power + Volume atas + Home Botton / Power + Volume bawah + Home Botton.
  2. Anda bisa mencoba menekan tombol tersebut karena setiap android biasanya berbeda kode yang digunakan untuk masuk ke recovery Menu nya.
  3. Jika sudah didalam recovery menu, cari dan pilih menu Wipe Factory Reset atau Wipe Cache Partition.
  4. Tunggu sampai proses nya selesai.
  5. Setelah selesai, coba hidupkan kembali ponsel android anda.
  6. Dan android anda sudah kembali dengan normal.

Mengatasi Tidak bisa Masuk Recovery Mode Android

Cara Mengatasi Recovery Mode Android Bermasalah

Untuk mengatasi cara ini, saya sudah menyiapkan beberapa cara untuk mengatasi tidak bisa masuk recovery mode android.

Yuk langsung saja simak cara nya sebagai berikut :

Pastikan Tombol yang di Tekan Benar

Seperti yang kita tahu, cara masuk ke recovery mode itu berbeda tiap model / tipe ponsel. Kita harus menekan tombol kombinasi kode tertentu dengan tipe hp yang anda gunakan.

Apa dampaknya jika salah tekan? Kalo salah tekan tidak akan terjadi apa-apa. Paling hanya akan melakukan restart ponsel seperti biasanya.

Nah berikut tombol-tombol yang bisa anda tekan :

  • Tombol Power + Volume Up
  • Tombol Power + Volume Down
  • Tombol Power + Volume Up + Volume Down
  • Tombol Power + Volume Up + Home Button
  • Tombol Power + Volume Down + Home Button
  • Tombol Power + Volume Up + Volume Down + Home Button
  • Tombol Power + Home Button
Artikel Terkait :  Cara Menghilangkan Notifikasi ShareIt

Nah anda bisa mencoba tombol-tombol untuk masuk ke recovery mode dengan mudah. Anda bisa mencoba nya satu-satu untuk memastikan masuk kedalam recovery mode.

Lepas Baterai

Cara kedua ini dilakukan dengan cara yang sangat mudah dilakukan, yaitu dengan melepas baterai ponsel android anda.

Karena dari sebuah forum yang pernah saya baca, ada beberapa orang yang menerapkan cara ini dan sudah berhasil masuk ke recovery mode setelah baterai nya di lepas dan dipasang lagi.

Maka dari itu, coba anda lepaskan baterai ponsel anda selama beberapa menit. Lalu pasangkan kembali dan setelah itu coba masuk ke dalam recovery mode apakah sudah berhasil.

Tujuan dari melepas baterai ini agar ponsel anda dapat me-refresh atau lebih tepatnya melakukan refresh power cycle yang ada didalam komponen, sehingga aliran listrik pada ponsel dapat berhenti sejenak.

Akan tetapi, cara ini hanya berlaku untuk pengguna baterai yang dapat dicabut/lepas. untuk anda pengguna baterai tanam caranya hanya melakukan restart pada ponsel anda.

Lakukan Factory Reset

Cara ini juga cocok untuk mengatasi recovery mode rusak pada android anda. Dengan melakukan factory reset ini Ponsel anda akan kembali ke setelan pabrik yang bertujuan untuk menghapus semua data serta mengembalikan sistem ke awal pada saat diluncurkan.

Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengatasi recovery mode android rusak, dimana yang tadinya membuat hp sulit masuk ke mode recovery akan jadi bisa masuk dengan mudah seperti pada awalnya.

Untuk cara melakukan reset, berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti :

  1. Pertama, masuk ke Setelan / Pengaturan yang ada di ponsel anda.
  2. Setelah sudah masuk, carilah menu Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Kemudian pilih opsi Reset ke Setelan Pabrik.
  4. Tunggu sampai proses reset selesai dan ponsel sudah kembali menyala.
  5. Selesai, ponsel anda sudah di reset ke setelan awal.
Artikel Terkait :  Cara Memperbarui Play Store

PERINGATAN : Pastikan anda sudah melakukan backup terhadap data penting yang ada di ponsel sebelum melakukan reset ulang / factory reset. Karena data yang ada di ponsel semua akan hilang jika melakukan cara ini.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Recovery Mode Android Bermasalah terbaru dengan mudah. Cara diatas menjelaskan tentang Tidak ada perintah pada recovery mode dan Tidak bisa masuk kedalam recovery mode, semoga dengan cara diatas anda bisa terbantu memecahkan masalah ini.

Kalau berdasarkan pengalaman yang saya alami, masalah ini cukup mudah dilakukan untuk diperbaiki. Karena ini hanya berhubungan dengan sistem android nya saja, tidak sampai merusak komponen nya.

Jika masih ada yang kurang dan ingin ditanyakan, silahkan menanyakan pada kolom komentar dibawah.

Sekian,

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *