Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Mengatasi Wifi Silang Merah

3 min read

Cara Mengatasi Wifi Silang Merah – Munculnya tanda silang merah pada wifi ini seringkali dikeluhkan oleh pengguna windows, karena dengan ada-nya tanda silang merah pada wifi tersebut anda sudah tidak akan bisa melakukan pencarian ke internet.

Hal ini terjadi secara tiba-tiba, padahal sebelumnya koneksi wifi di laptop atau komputer sedang baik-baik saja. Ikon wifi yang muncul tanda merah seperti itu muncul dikarenakan beberapa faktor seperti driver belum terinstall penuh dan banyak lain-nya.

Nah, bagi anda yang suka memakai akses WI-FI di Komputer atau laptop, sebagian pasti pernah mengalami error seperti Wifi yang Hilang, Wifi no Access, Muncul Tanda silang dan lain-nya.

Tapi, kali ini dan pada artikel ini saya akan membahas tentang cara mengatasi wifi silang merah di windows 10 , windows 7 ataupun windows 8. Karena, pada dasar-nya semua cara disini sama saja mungkin hanya berbeda beberapa dalam fitur-nya.

Penyebab Tanda Silang Merah pada Wifi

Apasih penyebab tanda wifi silang merah? banyak masalah yang menyebabkan tanda silang merah pada wifi ini. Seperti contohnya : router bermasalah, driver belum terinstall dan lain-nya.

Jadi pada inti-nya adalah tanda silang merah pada wifi itu berarti anda tidak bisa melakukan internetan atau Jaringan tidak tersedia.

Nah, untuk cara menghilangkan tanda silang pada wireless network connection anda bisa melihat cara yang dijelaskan dibawah ini.

Cara Mengatasi Wifi Silang Merah

Dari sekian banyak faktor yang menyebabkan tanda silang merah pada wifi, berbeda pula cara mengatasi-nya. Nah untuk cara menghilangkan tanda silang merah pada wifi tersebut anda bisa mengikuti setiap penyebab dari wifi yang silang tersebut, karena berbeda cara mengatasi-nya.

Artikel Terkait :  Cara Screenshot di Laptop

Restart Router Wifi

Langkah pertama yang anda harus lakukan jika wifi silang merah adalah melakukan restart pada modem wifi anda.

Untuk cara ini, anda bisa melakukan-nya dengan sangat mudah yaitu melakukan restart dengan mencabut colokan daya wifi tersebut.

Atau anda juga bisa menekan tombol matikan yang ada di router. Biasa-nya router menyediakan tombol untuk mematikan wifi dan menyalakan wifi tersebut.

Reset Router Wifi

Jika cara diatas belum berhasil, anda bisa melakukan reset pada modem wifi anda. Caranya pun cukup mudah kok. Anda hanya perlu masuk ke bagian login page router dengan masuk ke (192.168.1.1) lalu carilah opsi reset router / modem yang ada disana.

Atau jika ada tombol reset pada bagian router wifi anda, anda juga bisa menggunakan tombol tersebut.

Beberapa hal mungkin akan berubah seperti Password wifi. Dan mungkin anda perlu menambahkan setingan lain-nya pada router wifi anda.

Tapi jika belum terlalu paham cara ini, lebih baik lanjut ke cara selanjut-nya.

Cek Wifi Anda

Tanpa anda sadari, apakah wifi tersebut terjadi error sehingga menandakan tanda silang merah pada wifi tersebut? jika wifi yang menjadi masalah berarti ada kerusakan pada modem atau router tersebut.

Jika memang ada kerusakan pada router atau modem tersebut, anda bisa menanyakan kepada pihak wifi yang bertanggung jawab. Biasa-nya pihak wifi yang memasangkan di rumah anda meninggalkan nomor ponsel atau lain-nya.

Atau jika anda menggunakan produk seperti IndiHome, ada layanan customer service yang tersedia di aplikasi-nya atau di facebook resmi IndiHome. (Jika menggunakan produk lain-nya, mungkin bisa dicari di facebook atau lain-nya).

Uninstall Driver Wifi

Jika kesalahan error yang terjadi bukan karena router atau modem, bisa jadi karena driver laptop atau komputer yang anda gunakan. Maka dari itu, anda perlu melakukan uninsal driver wifi.

Artikel Terkait :  Cara Uninstall Aplikasi di Laptop / PC

Cara ini agar mengembalikan pengaturan ulang semua konfigurasi driver pada Wireless Network Connection tersebut.

Jadi walaupun anda melakukan uninstal pada driver wifi tersebut, kita sebenar-nya tidak benar-benar menghapus-nya. Tapi pastikan jika anda sudah melakukan uninstal pada driver wifi, langsung lakukan restart pada laptop atau komputer anda.

Untuk cara uninstal driver wifi bisa dilakukan di device manager. Berikut cara-nya :

  1. Pertama, masuk ke menu Start.
  2. Disana anda akan menemukan kolom pencarian, ketikan Device Manager.
  3. Masuk ke Device Manager, kemudian pilih Network Adapter.
  4. Cari perangkat driver yang ada di laptop atau komputer anda.
  5. Klik kanan kemudian pilih Uninstall.
  6. Selesai, Restart Laptop atau komputer anda.

Oiya, selain cara uninstal diatas, anda juga bisa melakukan Update Driver Software yang ada diatas menu Uninstall. Fungsi-nya cukup sama yaitu mengupdate atau memperbarui sistem driver yang ada di laptop atau komputer anda.

Gagal Update Windows

Salah satu yang menyebabkan terjadinya error di komputer atau laptop adalah kegagalan dalam melakukan update windows. Kerusakan yang terjadi bisa banyak hal seperti muncul tanda wifi silang merah.

Pada dasarnya, sistem operasi windows akan melakukan update secara berkala dan proses tersebut biasanya dilakukan pada saat anda merestart atau mematikan laptop anda.

Nah, jika dalam keadaan tersebut anda tidak sengaja langsung mematikan laptop itu bisa terjadi kegagalan update pada windows tersebut. Dan bisa berimbas pada driver wifi, maka harus dilakukan perbaikan.

Untuk mengatasi laptop gagal update windows bisa dilakukan dengan fitur windows yaitu backup dan restore. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Windows 7

  • Masuk ke Start > ke menu Control Panel > pilih menu System and Security > pilih menu Backup & Restore > kemudian pilih Recover system settings or your.

Windows 8

  • Masuk ke Start dan cari menu Control Panel > pilih Recover kemudian pilih Open System Restore.
Artikel Terkait :  Cara Mengaktifkan Windows Defender

Windows 10

  • Klik ikon Windows yang ada di pojok kiri bawah > Pilih masuk ke ikon Gerigi (Seting) > Update & Security > Recovery.

Nah setelah itu anda akan masuk ke salah satu restore point. Sebelumnya, pastikan restore point tersebut adalah tanggal sebelum terjadinya kerusakan error pada ikon wifi anda.

Pilih Next dan ikuti perintah-nya > Finish jika sudah benar-benar yakin. Tunggulah sampai proses selesai.

Tujuan dari restore point disini adalah mengembalikan keadaan laptop atau komputer anda ke tanggal sebelum terjadi-nya kerusakan wifi silang merah tersebut.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Wifi Silang Merah di Windows 10, windows 8 dan windows 7 dengan mudah.

Semoga dengan ada-nya artikel ini anda bisa terbantu mengatasi masalah wifi silang merah tersebut.

Sekian,

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *