Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Mengganti Lokasi Download IDM

1 min read

cara mengganti lokasi download idm

Lokasi Download IDM – Ada cara untuk memindahkan atau merubah lokasi file ke folder download yang anda inginkan di IDM. Untuk cara-nya, anda perlu melakukan beberapa langkah. Penasaran? yuk simak lebih lanjut.

Internet Download Manager atau yang lebih sering disebut dengan IDM adalah software untuk mempercepat proses Download pada saat anda melakukan download file di suatu website. Selain mempercepat, ada banyak fitur yang bisa anda gunakan di idm ini.

Fitur yang menurut saya penting adalah fitur meneruskan kembali file hasil download yang sedang di pause. Yapp, anda bisa menghentikan proses download, dan meneruskan-nya kembali pada beberapa hari berikut-nya.

Aplikasi buatan New York, Amerika ini menempati urutan ter-atas dalam memaksimalkan proses pengunduhan data (Wikipedia/IDM). IDM ini bisa anda gunakan pada berbagai platform download seperti : youtube, google video dan lain-nya.

Akan tetapi untuk beberapa orang, lokasi download IDM yang secara default akan di install pada disk C: di komputer atau laptop, itu membuat sebagian pengguna-nya merasa keberatan. Karena file yang diunduh akan tetap ada di disk itu sampai kita memindahkan atau menghapus file tersebut.

Nah maka dari itu, saya membuatkan cara mengganti lokasi download IDM ke disk lain-nya. Anda bisa memindahkan file hasil download IDM ke disk D:, yuk langsung masuk ke cara-nya :

Cara Mengganti Lokasi Download IDM

Disini saya akan membagikan satu cara mudah untuk mengganti lokasi download IDM. Yaitu terdapat pada fitur di aplikasi-nya sendiri. Yapp, meskipun anda sudah merubah lokasi hasil download di browser yang anda gunakan, IDM akan tetap menaruh file tersebut ke partisi disk C:

Nah untuk mengganti lokasi file hasil download IDM, anda bisa mengikuti cara berikut :

  1. Pertama, buka software IDM yang ada di komputer.
  2. Setelah itu, klik pada bagian atas menu Download, dan pilih bagian Options.
  3. Akan ada tab baru muncul, kemudian masuk ke bagian Save to dan pada bagian Default downloads pilih Browse.
  4. Pilih disk yang akan di gunakan, kemudian buat Folder Baru di disk tersebut.
  5. Jika sudah benar, klik OK untuk menyimpan pembaruan.
Artikel Terkait :  Cara Download Video di Google Chrome PC dan Android

Nah dengan begitu, file yang sudah di download di IDM akan berada di folder disk yang anda pilih. Anda bisa mencoba men-download sesuatu dengan Size Kecil untuk mencoba-nya.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengganti Lokasi Folder Download IDM dengan mudah, semoga dengan ada-nya cara ini anda dapat terbantu meringankan komputer yang lemot atau nge-lag akibat disk C: yang sudah penuh akibat hasil download IDM tersebut.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar artikel ini atau anda mempunyai masalah seputar Teknologi yang ingin dibantu selesaikan, anda bisa berkomentar pada kolom komentar dibawah.

Selagi permasalahan yang anda alami masih dalam konteks Teknologi, seperti misalnya tentang Android, Sosial Media, Laptop atau lain-nya. Insyaallah saya bantu selesaikan.

Sekian,

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *