Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Mengubah Lokasi Download di Chrome

2 min read

cara mengubah lokasi download di chrome android | cara mengubah lokasi download di chrome pc

Mengubah Lokasi Download di Chrome – Bingung dengan lokasi hasil file atau video yang sudah di download di browser chrome? tenang saja, anda bisa merubah lokasi download di chrome dengan mudah. Cara dibawah bisa digunakan di PC dan di Android yaa. Penasaran? yuk simak lebih lanjut.

Google Chrome merupakan salah satu browser dengan pengguna yang bisa dibilang sebagai Ter-ramai di dunia. Biasa-nya jika anda baru membeli hp android, google chrome akan ada di hp tersebut tanpa perlu di install lagi. Tetapi untuk pengguna PC Desktop, anda perlu menginstall secara manual.

Untuk men-download browser chrome, anda bisa men-download pada situs Google Chrome secara resmi. Nah untuk lebih jelas, google chrome dibuat pada tanggal 2 september 2008 dan dikembangkan oleh Google.

Pada saat anda menggunakan chrome untuk men-download sesuatu di internet dan tidak menggunakan tambahan Download Manager, maka chrome akan menaruh file yang di-download tersebut di partisi C:. Untuk di android, biasa-nya ditaruh di lokasi Downloads.

Nah anda bisa mengubah-nya ke partisi yang anda mau di ponsel hp atau di PC / Laptop anda. Cara-nya pun cukup mudah kok. Cara ini bisa anda lakukan untuk menghemat partisi awal, karena biasa-nya partisi tersebut digunakan untuk mem-proses suatu sistem di PC ataupun HP anda.

Cara Mengubah Lokasi Download di Chrome

Disini saya akan menjelaskan 2 cara yang lengkap. Mulai dari mengubah lokasi download di chrome PC dan mengubah lokasi download di chrome android. Cara ini bisa anda gunakan pada ponsel android dengan merk dan tipe apapun.

Artikel Terkait :  Cara Mengatur Jarak Spasi / Baris di Word

Lalu, bagaimana cara mengubah lokasi download chrome androd? berikut langkah-langkahnya :

Cara Mengubah Lokasi Download di Chrome Android

  1. Pertama, buka aplikasi Google Chrome di hp android anda.
  2. Setelah itu, pilih menu 3 titik dibagian atas sebelah kanan.
  3. Kemudian pilih menu Download.
  4. Lalu pilih Logo Gear di bagian atas.
  5. Nah pada menu tersebut, anda bisa mengganti Lokasi download.
  6. Atau anda bisa menggunakan fitur Tanya lokasi menyimpan file, dengan cara menggeser ke arah kanan.

Nah itulah cara mengubah lokasi download di google chrome android. Mudah bukan? yapp sangat mudah. Dengan begitu, anda bisa menghemat penyimpanan Internal yang anda gunakan untuk sistem. Karena semakin banyak file yang disimpan di penyimpanan internal, maka hp anda bisa menjadi Lag atau Lemot.

Selain mengubah lokasi di android, anda juga bisa melakukan cara tersebut pada browser di PC atau Laptop yang anda gunakan lhoo.

Tapi, bagaimana cara mengubah lokasi download di google chrome PC? berikut langkah-langkahnya :

Cara Mengubah Lokasi Download di Chrome PC

  1. Pertama, buka browser Google Chrome di PC anda.
  2. Setelah itu, pilih menu 3 titik dibagian atas sebelah kanan.
  3. Kemudian pilih menu Setelan.
  4. Pada menu Setelan, pilih bagian Lanjutan.
  5. Kemudian pilih bagian menu Download.
  6. Lalu pada bagian Download, pilih Lokasi dan Ubah.
  7. Pilih lokasi tujuan yang ingin di ubah.
  8. Jika sudah, tutup semua jendela Chrome dan cek lagi apakah sudah berubah.

Nah jika anda sudah selesai melakukan download di browser google chrome, maka hasil download tersebut akan berubah ke folder tujuan yang sudah anda tuju tadi. Anda bisa menaruh-nya pada hard-disk yang berbeda, asalkan jangan di disk C:.

Artikel Terkait :  Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android

Karena semakin banyak file atau folder yang terisi di disk C: , akan semakin lemot atau hang terhadap PC laptop anda. Jadi anda bisa mengubah lokasi download di chrome ke disk D atau disk E. Jika itu terjadi, anda bisa mengikuti cara berikut : Cara Mengatasi Laptop Hang.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengubah Lokasi Download di Google Chrome Android dan PC dengan mudah. Semoga dengan ada-nya artikel ini anda dapat terbantu dalam mengatasi permasalahan penyimpanan internal yang sering penuh akibat file hasil download.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar artikel ini atau anda mempunyai permasalahan seputar teknologi dan ingin dibantu selesaikan, anda bisa berkomentar pada kolom komentar dibawah.

Selagi permasalahan yang anda alami seputar teknologi, misal-nya seperti : Android, sosial media, laptop atau lain-nya, insyallah bisa saya bantu selesaikan.

Sekian,

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *