Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Scan Foto di HP Android

2 min read

Cara Scan Foto / Dokumen di HP Android untuk keperluan seperti melamar pekerjaan ataupun hal lain-nya. Anda bisa melakukan scan dokumen dari jpg menjadi pdf dengan menggunakan cara ini. Selain itu, anda juga bisa menggunakan cara scan foto ini dengan merk ponsel seperti oppo, xiaomi, vivo, samsung dan merk lain-nya.

Sebelum masuk ke cara-nya, penting untuk anda mengetahui apa itu scanner. Apa itu scan foto? Scan foto adalah suatu cara untuk merubah dokumen atau foto yang anda punya ke dalam bentuk digital atau SoftCopy.

Dikarenakan jarang ada yang mempunyai scanner atau printer dirumah, maka dari itu saya akan membagikan cara scan foto ini dengan menggunakan hp android. Pasti anda punya bukan hp android? Jika tidak, lakukan scan foto ini di warnet atau teman yang mempunyai laptop dan scanner ya.

Peran scanner ini cukup penting. Misal-nya anda ingin melamar pekerjaan secara online, maka dari itu sangat penting untuk melakukan scan foto KTP, Ijazah dan dokumen yang diperlukan lain-nya.

Cara Scan Foto di HP Android

Sebelum-nya, disini ada 2 cara untuk melakukan scan foto. Yaitu dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi (Aplikasi bawaan). Untuk lebih jelas-nya ikuti cara scan foto berikut ini.

Cara Scan Foto dengan Aplikasi Android

Untuk dapat melakukan cara scan foto di hp ini, anda memerlukan aplikasi android tambahan. Ada beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk melakukan, Tapi disini saya menggunakan CamScanner untuk melakukan-nya.

Artikel Terkait :  Cara Berbagi Sandi Wifi di Semua Merk Ponsel

Berikut cara-nya :

  1. Pertama, install aplikasi bernama CamScanner yang ada di Google Play Store.
  2. Setelah sudah terinstall, buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih menu Gunakan Sekarang untuk langsung mencoba.
  4. Pilih ikon Kamera yang ada dibawah.
  5. Lakukan scan ke Dokumen anda, lalu atur posisi agar tidak terpotong.
  6. Jika sudah, klik Berikutnya.
  7. Selanjutnya klik menu Menyimpan.
  8. Untuk menyimpan ke dalam menu PDF anda bisa menggunakan menu PDF yang ada dibagian atas seperti digambar.

Nah, itulah cara scan dokumen di hp android dengan menggunakan aplikasi tambahan. Jika cara ini terlalu ribet, anda bisa mencoba cara dibawah yang tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Scan Foto Tanpa Aplikasi

Sebelum-nya, yang dimaksutkan dengan tanpa aplikasi disini adalah menggunakan aplikasi yang sudah anda punya. Jadi, tidak menggunakan aplikasi tambahan yang harus anda download terlebih dahulu dan bisa dibilang juga tanpa aplikasi.

Biasa-nya, ponsel android sudah ada aplikasi untuk melakukan scan foto atau dokumen pada perangkat-nya sendiri. Disini saya menggunakan xiaomi dan aplikasi tersebut bernama Pemindai.

Jika anda menggunakan HP dengan merk oppo, vivo ataupun samsung. Anda bisa mencari aplikasi scanner yang ada disana.

Untuk cara scan dokumen di hp xiaomi atau dengan aplikasi Pemindai berikut caranya :

  1. Pertama, buka aplikasi Pemindai. Biasa-nya terletak pada folder Alat.
  2. Disana akan ada 2 menu yaitu Kode QR atau Barcode dan Dokumen.
  3. Pilih menu Dokumen. Lalu lakukan scan pada dokumen atau foto yang anda inginkan.
  4. Atur posisi foto agar tidak terpotong.
  5. Pilih ikon Ceklis yang ada di bagian bawah kanan.
  6. Dan dokumen anda sudah berhasil terscan, cek pada folder yang diarahkan.
  7. Untuk mengecek-nya, masuk ke File manager > Pictures > scanner.
Artikel Terkait :  Daftar Antivirus Terbaik untuk Android

Mudah bukan? Jika di ponsel anda tidak ada aplikasi scan foto, anda bisa melanjutkan ke cara berikut-nya.

Cara Scan Foto di Google Drive

Selain kedua cara diatas, anda bisa menggunakan aplikasi Google Drive untuk melakukan scan foto atau dokumen anda. Dengan cara ini, anda langsung bisa mengubah dokumen tersebut ke dalam bentuk PDF tanpa harus diubah lagi.

Berikut cara-nya :

  1. Pertama, buka aplikasi Google Drive di ponsel android anda.
  2. Setelah itu, pilih ikon tanda + yang ada dibagian bawah.
  3. Pilih menu opsi Pindai / Scan.
  4. Dan lakukan scan dokumen atau foto anda.
  5. Jika sudah, klik ikon tanda Ceklis dibagian bawah.
  6. Maka secara otomatis akan di upload ke google drive anda.

Setelah otomatis di upload ke akun google drive, anda hanya tinggal mengunduh atau download dokumen tersebut di dalam akun google drive anda.

Jika anda memerlukan tambahan pada limit akun google drive anda, anda bisa membaca artikel berikut ini : Cara Membuat Akun Google Drive Unlimited

Penutup

Demikianlah artikel singkat dan penting untuk Cara Scan Foto atau Dokumen di HP Android Terbaru, cara ini bisa anda coba tanpa menggunakan laptop atau komputer. Jika anda tidak punya ponsel android, saya sarankan untuk melakukan-nya di Warnet (Warung Internet) di kawasan atau daerah anda.

Untuk cara scan foto di iphone, anda bisa menggunakan cara diatas dengan menggunakan google drive. Karena akan sama saja.

Semoga dengan ada-nya artikel ini anda dapat terbantu dalam masalah scan foto atau dokumen untuk melamar pekerjaan ataupun tugas.

Jika ada yang ingin di tanyakan, anda bisa bertanya pada kolom komentar dibawah atau melalui halaman Kontak di website ini.

Artikel Terkait :  Cara Menghemat Baterai HP

Sekian,

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *