Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Menggunakan Fitur Catalog di Whatsapp Bisnis

1 min read

Tips Menggunakan Fitur Catalog di Whatsapp Untuk Bisnis Kalian Para Pebisnis Muda

Bagi kalian para generasi melenial tentu tidak asing dengan aplikasi Whatsapp. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi messenger yang sangat digandrungi oleh banyak orang saat ini. Fiturnya yang banyak serta mudah untuk digunakan menjadi sebab kenapa aplikasi ini sangat digemari. Ditambah lagi, sekarang ada Whastapp Business, aplikasi ini sangat cocok untuk mereka yang sedang memulai bisnis online. Ada beberapa tips menggunakan fitur catalog di whatsapp untuk bisnis, bagi kalian yang ingin mempromosikan catalog dari produk kalian.

Catalog di Whatsapp Business

Secara umum, Whastapp Business tidak ada bedanya dengan Whastapp Messenger. Baik dalam tampilan atau fungsinya. Hanya saja, Whatsapp Business memiliki fitur tambahan untuk menyortir, mengautomasi, dan membalas pesan dengan cepat. Fitur utama pada Whatsapp Business adalah adalah profil bisnis yang menampilkan produkmu, statistik pesan, tautan pendek untuk pelanggan bisa langsung menghubungi kamu. Selain itu ada fitur perpesanan berisi salam, pesan di luar jam kerja, serta balas cepat. Ada lagi fitur terbaru WhatsApp Business yang berguna menampilkan produk dan atau jasa yaitu Catalog. Berikut tips menggunakan fitur catalog di whatsapp untuk bisnis, agar lebih mudah untuk menarik minat pembeli.

1. Download Whastapp Business

Cara Menggunakan Fitur Catalog di Whatsapp Bisnis

Jika kalian belum memiliki Whastapp Business, segera download terlebih dahulu. Sebab fitur catalog hanya ada dalam Whastapp Business saja.

 

2. Buka Pengaturan

Cara Menggunakan Fitur Catalog di Whatsapp Bisnis

Pilih ikon titik tiga pada sudut kanan atas tampilan Whatsaap, pilih menu Pengaturan lalu pilih menu Pengaturan Bisnis. Dari situ kalian akan menemukan opsi katalog.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Akun Instagram

3. Tambahkan Foto Produk atau Jasa Bisnis Kalian

Cara Menggunakan Fitur Catalog di Whatsapp Bisnis

Setelah itu, kalian akan menemukan ikon untuk menambah foto di bagian bawah. Klik menu untuk menambah foto, lalu klik menu tambahkan foto. Kalian bisa menambahkan gambar dari produk atau jasa bisnis mu, gambar tersebut bisa di ambil dari galeri ponsel atau  mengambil foto secara langsung. Setelah itu kalian bisa menambahkan cpation sebagai keterangan dari produk atau jasa yang kalian jual. Hal ini meliputi nama produk atau jasa, deskripsi singkat tentang produk atau jasa dan harga.

4. Menyimpan Catalog

Cara Menggunakan Fitur Catalog di Whatsapp Bisnis

Selanjutnya tekan tombol simpan untuk menyimpan haslinya. Sebagai catatan, produk atau jasa yang kalian jual akan ditinjau oleh pihak Whastapp. maka dari itu pastikan produk atau jasa yang akan kalian memenuhi kriteria dari Whastapp.

Lakukan proses mengunggah foto produk/jasa lainnya yang ingin kalian tambahkan pada catalog Whatsapp Business kalian. WhatsApp Business memungkinkan hingga 500 foto untuk diunggah pada catalog Whastapp. Akan ada notifikasi jika foto yang kalian unggah sudah mencapai batas maksimal. Kalian bisa menghapus foto-foto lama serta menggantinya dengan mengunggah foto terbaru dari produk atau jasa milik kalian. Itulah tips menggunakan fitur catalog di whatsapp untuk bisnis yang bisa kalian terapkan secara sederhana.

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *