Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Panduan Membuat Konten Microblogging di Instagram

2 min read

microblogging di instagam

Panduan Membuat Konten Microblogging di Instagram – Jenis pemasaran digital semakin beragam. Banyak orang memanfaatkan cara membuat email di laptop dan menggunakannya sebagai email Instagram untuk jualan, promosi, branding, bahkan sebagai media komunikasi.

Tak salah sekarang Instagram dijadikan sebagai media jurnalisme baru yang memfokuskan pada pembuatan konten microblogging.

Tren microblogging menjadi populer dalam dunia digital marketing. Menurut Statista (2018), 52,2% traffic website di seluruh dunia berasal dari perangkat seluler. Pengguna membutuhkan informasi yang singkat dan mampu diakses dengan cepat di ponsel mereka.

Baca juga: Cara Membuat Akun Instagram

Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis memanfaatkan situs web dan Instagram untuk melakukan pemasaran digital. Untuk membuat web sendiri, sebenarnya cukup sederhana. Pilih nama domain web yang unik serta cek ketersediaan domain. Jika nama domain tersebut sudah dibeli, Anda tidak bisa menggunakan nama tersebut.

Sebaliknya, Instagram memiliki fitur Instagram Business untuk melakukan branding dan marketing produk. Keterikatan (engagement) audiens meningkat lebih cepat karena banyak Instagram diakses banyak pengguna. Tertarik untuk belajar membuat konten microblogging di Instagram? Kenali dulu apa itu microblogging, manfaat, serta panduan membuat konten.

Apa itu Microblogging?

Melakukan microblogging tidak seperti membuat blog. Anda tidak perlu memilih nama domain web atau cek ketersediaan domain. Microblogging merupakan pembuatan konten tentang suatu topik yang bersifat informatif, ringkas, dan padat. Bentuknya menyerupai blog, namun lebih pendek (kurang lebih 2000 karakter).

Jenis konten microblogging tidak hanya memuat konten yang informatif, tetapi juga memunculkan kreativitas dan inovasi dalam bentuk visualisasi yang menarik.

Manfaat Membuat Konten Microblogging di Instagram

Pemanfaatan Instagram untuk konten microblogging cukup efektif untuk branding dan promosi. Apalagi jika Anda memaksimalkan media sosial ini untuk membuat konten. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa dirasakan.

Meningkatkan konsistensi

Pembuatan konten microblogging erat kaitannya dengan konsistensi. Anda bisa meng-update konten lebih singkat dan lebih cepat. Dengan begitu, tingkat keterikatan dan koneksi Anda dengan calon konsumen lebih terjaga.

Memanajemeni konten

Manfaat lain membuat konten microblogging adalah kemampuan dalam memanajemeni konten. Anda bisa menjadwalkan waktu ideal saat akan mengepos konten.

Membagi informasi secara cepat

Isi konten yang singkat dan informatif memudahkan Anda untuk menulis dan mengeposnya dengan cepat. Anda bahkan bisa membagi konten terbaru ke berbagai platform.

Panduan Menulis Konten Microblogging di Instagram

microblogging di instagam

Jika Anda sedang merintis bisnis, membuat konten microblogging di Instagram bisa menjadi strategi digital marketing yang jitu. Apalagi strategi ini dapat meningkatkan engagement Anda dan calon konsumen.

Baca juga: Cara Membagikan Postingan Instagram

Berikut ini merupakan panduan menulis konten microblogging di Instagram. Membuat konten pun cukup mudah. Berikut adalah panduannya.

Siapkan konsep konten

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah siapkan konsep konten yang akan ditulis. Jika Anda bingung, coba cari informasi yang erat kaitannya dengan bisnis dari berbagai sumber.

Jika Anda ingin menyisipkan kata-kata motivasi, pastikan Anda menuliskan sumbernya. Setelah selesai membuat konsep konten, pastikan Anda juga tahu jenis font, warna, gambar, atau video yang akan digunakan.

Ajak pengikut untuk bereaksi

Langkah selanjutnya adalah mengajak pengikut untuk bereaksi. Maksudnya adalah konten microblogging yang Anda buat perlu mendapat masukan ataupun engagement dari followers. Untuk memastikan apakah followers bereaksi terhadap konten, Anda bisa menyisipkan pertanyaan di akhir konten.

Buat konten semenarik mungkin

Dibandingkan dengan konten blog, konten microblogging di Instagram lebih singkat dan informatif. Apalagi Instagram hanya mampu memuat 2000 karakter.

Agar lebih optimal, buat konten tentang:

  • Tips dan trik

Konten tentang tips dan trik memiliki tingkat keterikatan (engagement) yang tinggi dengan follower Instagram Anda. Selain itu, konten tipe ini mampu menjangkau calon pengikut baru.

  • Tutorial

Konten tentang tutorial yang berhubungan dengan produk atau layanan bisnis juga dapat menarik followers untuk membaca. Tutorial bisa berupa tentang life hacks dan cara membuat kerajinan. Gunakan tagar (hashtag) untuk  memastikan konten dilihat oleh pembaca.

Selain itu, konten juga harus konsisten dipos di Instagram. Jika Anda secara konsisten mengepos konten setiap hari, follower Anda akan bertambah.

Jadi, pastikan konten yang Anda buat mampu memacu followers untuk membacanya. Anda bisa melihat seberapa menarik konten yang dibuat melalui banyaknya like, share, comment, atau save.

Gunakan aplikasi penunjang

Selain membuat konten yang menarik, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi desain untuk membuat tampilan konten. Aplikasi seperti Adobe Photoshop, Canva, atau Google Slides dapat membantu Anda mengkreasikan konsep konten.

Buat kalimat singkat, padat, dan jelas

Pastikan konten yang dibuat singkat, padat, dan jelas. Hal ini bertujuan agar para pembaca tidak merasa jenuh saat membacanya. Tambahkan gambar atau video untuk menarik followers membaca konten tersebut.

Tambahkan penggunaan call to action (CTA) di akhir konten

Langkah terakhir membuat konten microblogging adalah menyisipkan penggunaan call to action (CTA). CTA dapat berisi ajakan untuk berkomentar, membagikan tautan, atau memberikan like pada konten yang dipos.

Baca juga: Cara Menyimpan Video dari Instagram

Penutup

Inilah panduan membuat konten microblogging di Instagram. Selain membuat konten di Instagram, Anda bisa menggunakan website sebagai tools digital marketing utama untuk go online. Cek ketersediaan domain untuk membuat blog dan Anda bisa menggunakannya untuk membuat konten bisnis.

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *