Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Memperpanjang Durasi Video di Status Whatsapp

2 min read

Cara Memperpanjang Durasi Video di Status Whatsapp ini biasa-nya digunakan jika anda ingin mengirim video dengan lengkap, tanpa harus terjeda atau terpotong pada bagian tertentu. Karena pada dasar-nya, whatsapp hanya membatasi user-nya mengirim video dengan batas maksimal 30 detik.

Maka dari itu, saya membuat artikel supaya status wa lebih panjang atau melebihi waktu durasi dari 30 detik itu. Untuk cara-nya, simak artikel ini lebih lanjut agar anda bisa mengikuti langkah-langkahnya sekaligus.

Mengirim video di status adalah salah satu fitur yang sangat disukai oleh pengguna whatsapp itu sendiri. Dengan mengirim video di status, anda bisa membiarkan orang lain melihat video tersebut.

Melalui video di status ini anda bisa membagikan kegiatan yang sedang dilakukan saat ini, ataupun membagikan kata-kata atau hal lain-nya di status tersebut.

Karena whatsapp hanya membatasi video yang di unggah tidak lebih dari 30 detik. Maka banyak pengguna yang merasa sedikit kecewa. Karena, banyak momen-momen yang mengharuskan kita melakukan posting video lebih dari 30 detik.

Langsung saja masuk ke beberapa cara dari memperpanjang durasi video di status whatsapp. Perlu diingat, cara ini bisa anda lakukan dengan kondisi ponsel NO ROOT ataupun kondisi ROOT.

Cara Membuat Status Video di Whatsapp

Sekedar informasi, jika anda belum tahu menahu mengenai cara membuat status video di whatsapp. Maka ada 2 cara untuk melakukan-nya, yaitu dengan menggunakan langsung kamera whatsapp dan mengunggah nya pada bagian status.

Artikel Terkait :  Cara Keluar Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

Untuk cara-nya langsung saja berikut :

  1. Pertama, buka aplikasi Whatsapp di ponsel anda.
  2. Setelah itu, pergi atau geser ke bagian menu Status.
  3. Lalu pilih Status saya (yang ada gambar profil) kemudian klik.
  4. Otomatis ponsel akan membuka galeri, anda bisa mengirim foto atau video yang ingin ditampilkan ke status.

Jika anda mengirimkan video, ada batasan untuk durasi video tersebut yaitu 30 detik. Nah, untuk lebih dari 30 detik, anda bisa membaca cara dibawah ini untuk lebih jelas-nya.

Cara Membuat Status Video Durasi Panjang di Whatsapp

Disini saya akan memberikan 2 cara untuk memperpanjang durasi video di status whatsapp, yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan. Apa saja aplikasi tambahan yang dibutuhkan? saya sendiri merekomendasikan-nya yaitu Video2GIF dan Video Splitter.

Untuk lebih jelas dan cara melakukan-nya, berikut cara-nya.

Memperpanjang Durasi Video Whatsapp dengan GIF

Cara yang pertama untuk menambah durasi video di whatsapp adalah dengan mengubah video ke dalam bentuk GIF dengan bantuan aplikasi Video2GIF.

GIF ini bisa disimpulkan sebagai gambar yang bergerak, tapi mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Biasa-nya GIF ini digunakan untuk video atau foto sebagai fungsi animasi dan lain-nya.

Karena bentuk dasar-nya adalah foto yang bisa bergerak, maka anda bisa menambah durasi di status whatsapp dengan cara ini. Mungkin akan sedikit mengurangi ketajaman atau resolusi pada video yang sudah di convert.

Untuk cara-nya sebagai berikut :

  1. Pertama, download aplikasi Video2GIF di ponsel anda.
  2. Tunggu sampai proses download dan instalasi selesai.
  3. Jika sudah, buka aplikasi tersebut.
  4. Pada bagian bawah video, pilih Convert.
  5. Kemudian pilih Convert lagi untuk menyelesaikan-nya.
  6. Tunggu sampai proses convert selesai, proses akan memakan waktu tergantung durasi video yang di convert.
  7. Setelah sudah, buka kembali whatsapp anda untuk melakukan posting GIF tersebut.
Artikel Terkait :  Cara Menyimpan Video dari Instagram

Maka anda sudah bisa melakukan upload video berdurasi lebih dari 30 detik. Anda bisa mengubah video musik / lagu, video lucu dan video lain-nya menjadi bentuk gif agar bisa di upload lebih dari 30 detik durasinya.

Sekali lagi, perlu diingat : Pengubahan dari video kedalam bentuk GIF ini sangat mempengaruhi kualitas yang diubah. Jika anda tidak terlalu mementingkan kualitas video, maka cara ini cocok karena anda bisa mengupload video dengan durasi panjang.

Memperpanjang Durasi Video Whatsapp dengan VideoSplitter

Selain cara diatas, anda juga bisa melakukan cara menambah durasi video di status whatsapp dengan menggunakan video splitter. Tapi, video splitter akan memotong dan melanjutkan ke halaman selanjut-nya dengan video yang masih terhubung.

Jadi lebih mudah-nya, video splitter hanya memotong video agar pas pada saat anda mengupload-nya di whatsapp. Maka pada saat anda mengupload di whatsapp, oranglain akan mengira itu seperti satu video panjang.

Padahal itu video telah disambungkan dan hampir tidak terlihat seperti terpotong. Cara penggunaan dari video splitter untuk memperpanjang durasi video di status whatsapp ini juga cukup mudah.

Berikut cara-nya :

  1. Pertama, download aplikasi VideoSplitter di ponsel anda.
  2. Tunggu sampai proses download dan instalasi selesai.
  3. Setelah itu, buka aplikasi tersebut.
  4. Pada halaman awal, pilih menu Split Video.
  5. Kemudian pilih Video yang ingin di split.
  6. Setelah itu, pastikan pilih menu Whatsapp Split pada bagian bawah. Dan pilih ikon Ceklis.
  7. Tunggu sampai proses selesai.
  8. Tandai semua video dengan berurutan, kemudian pilih Done.
  9. Pilih Share Via WhatsApp.
  10. Kemudian jika ingin mengupload langsung, kirim ke Status saya.

Maka video yang akan diupload akan berurutan sesuai dengan urutan-nya. Dan video tersebut tidak akan terlihat seperti terpotong dan akan terlihat seperti anda mengupload-nya lebih dari 30detik.

Artikel Terkait :  Cara Mengganti Foto Profil Instagram

Penutup

Demikianlah artikel singkat mengenai Cara Memperpanjang Durasi Video di Status Whatsapp Terbaru, anda bisa melakukan 2 cara diatas dengan sangat mudah. Karena, pihak whatsapp sendiri belum melakukan update fitur agar pengguna-nya dapat mengirim video diatas 30 detik.

Semoga dengan ada-nya cara memperpanjang durasi video diatas, anda dapat terbantu dalam mengirim video agar diatas 30 detik.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar artikel ini atau hal lain-nya, anda bisa menanyakan-nya pada kolom komentar ataupun halama Kontak yang ada di website ini.

Sekian,

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *