Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Cara Mengatasi Hard Disk Lemot

3 min read

mengatasi hard disk yang lemot

Cara Mengatasi Hard Disk yang Lemot dengan mudah Harddisk  atau Hard drive merupakan sebuah komponen perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sekunder seperti : gambar, video, dokumen penting dan lainnya.  Maka dari itu fungsi dari harddisk ini sangat penting mengingat ini sebagai penyimpan data.

Mengatasi Hard disk yang lemot bisa dilakukan dengan mudah. akan tetapi ada rasa kesal akibat hardisk yang lemot pada saat digunakan ketika kita ingin membuka berkas atau video yang ada didalamnya, Karena tidak sedikit pengguna hardisk external yang menggunakannya untuk menunjang pekerjaan mereka.

Namun, berbagai masalah pada harddisk seringkali membuat kesal. Masalah seperti : harddisk lemot, bad sector yang membuat pengguna dapat terhambat dalam mengerjakan sesuatu.

Nah pada artikel kali ini, saya akan membahas cara mengatasi hard disk yang lemot agar kembali lancar seperti semula. Mudah saja kok, yuk simak berikut.

Cara Mengatasi Hard Disk yang Lemot

Ada 2 jenis hard disk yaitu internal dan external, jika internal digunakan untuk menyimpan data dalam komputer yang tertanam pada CPU. sedangkan external adalah jenis hardisk yang bisa di bawa kemana-mana.

Dan perbedaan yang cukup mencolok dari 2 jenis berikut adalah ukuran atau bentuk dari HardDisk external biasanya lebih kecil dari hard disk internal.

Namun dalam hal kecepatan transfer, Hardisk internal menang. Karena hardisk external unggul dalam hal flexibilitas nya yang dapat dimana-mana dan bisa dihubungkan di komputer manapun.

Artikel Terkait :  Cara Mematikan Windows Defender

Berikut ini adalah cara mengatasi hardisk yang lemot. Ada 2 opsi, yaitu hard disk internal dan external. Berikut penjelasan-nya :

Mengatasi Lemot pada Hard Disk Internal

Lemot pada hard disk internal bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : kurang nya melakukan perawatan, faktor suhu, faktor power suppy bahkan karena kerusakan yang disebabkan oleh harddisk itu sendiri. Contohnya bad sector. 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi hard disk yang lemot pada hardisk internal atau bawaan agar kembali lancar.

Jalankan Disk Defragment

Fungsi dari Disk Defragment ini untuk merapikan atau menata kembali data-data yang terpencar dalam track, dan di rapikan sesuai fungsinya. Lakukan Disk Defragmen minimal 1 bulan sekali agar semua data anda tertata rapih dan lebih mudah untuk diakses. Berikut caranya :

  1. Pertama, klik tombol Start yang ada pada menu.
  2. Kemudian ketik Disk Defragment pada kolom pencarian.
  3. Pilih disk yang ingin di lemot, dan pilih menu Defragment Disk.mengatasi hard disk yang lemot
  4. Lalu tunggu sampai proses selesai
  5. Terakhir, restart pc / laptop untuk memaksimalkan hasil-nya.

Perhatikan Suhu Hard Disk

Jika suhu hard disk terlalu panas, itu dapat menyebabkan lemot nya hard disk dalam memproses data karena kecepatan dalam memproses data yang ada berkurang.

Untuk itu anda harus membersihkan sirkulasi udara dalam CPU secara rutin. Karena jika kotor, itu dapat berpengaruh pada kinerja hard disk anda sendiri.

Bila perlu, gunakan Fan Cooler agar kondisi suhu yang ada di dalam CPU anda selalu terjaga dari debu dan lainnya.

Perhatikan Kapasitas Hard Disk

Penyebab lain dari hard disk yang lemot ialah kapasitas yang ada di dalam hard disk sudah penuh, itu dapat membuat kinerja hard disk tidak dapat berjalan sepenuhnya. Bahkan, kejadian ini seringkali membuat komputer hank / mati secara tiba-tiba.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Daftar Gambar Otomatis di Word

Cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi ini adalah dengan menghapus / menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan untuk pekerjaan anda. dan cara lainnya adalah mengganti hard disk dengan mengupgrade penyimpanan ke yang lebih tinggi.

Mengatasi Lemot pada Hard Disk External

Ada beberapa masalah yang ada pada hard disk external yaitu meliputi : rentan terkena virus, tidak terbaca pada komputer, bahkan lemot pada hard disk external tersebut.

Namun, karena faktor usia hard disk juga dapat mempengaruhi kinerja nya. Apalagi tidak pernah dilakukannya disk defragmen yang berfungsi untuk menata data-data yang tidak perlu.

Namun ada beberapa cara untuk mengatasi hard disk lemot di hdd external, berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti.

  1. Klik kanan pada Hard Disk anda, Kemudian pilih Opsi “Properties”.
  2. Muncul pop-up windows properties, kemudian pilih tab “Hardware”
  3. Pilih Hard Disk anda kemudian Klik bagian “Properties”
  4. Klik tab Policies dan pilih menu “Optimize for Performance”
  5. Jika sudah, Klik tombol OK sebanyak 2x untuk mensave pengaturan.

Cara lain yang dapat anda lakukan, ikuti langkah berikut.

  • Masuk ke dalam menu Start > Control Panel > System and Security > Defrag your hand drive. *Perhatikan Gambar

mengatasi hard disk yang lemot

  • Klik tombol Defragment Disk, lalu tunggulah sampai proses selesai.
  • Masih dalam Menu “System and Security”, pilih menu “Free up disk space” kemudian pilih “HDD External” dan klik tombol OK untuk memulai proses pembersihan file yang tidak berguna pada hard drive anda.

mengatasi hard disk yang lemot

  • Selanjutnya pada windows explore, Klik kanan pada Hard Disk External anda lalu pilih menu “Properties”.
  • Pilih menu “Tools – Error-Checking” Kemudian pilih “Check Now”

mengatasi hard disk yang lemot

  • Munculah jendela pop-up baru, centang pada bagian “Scan for and attempt recovery of bad sector”. Proses ini cukup memakan waktu yang lama sehingga harus dipastikan apakah PC atau laptop anda selalu dalam posisi yang memungkinkan untuk digunakan.
Artikel Terkait :  Cara Mengembalikan Wifi yang Hilang

Berdasarkan pengalaman pribadi, cara untuk mengatasi hardisk yang lemot di hardisk external ini cukup ampuh untuk mengembalikan ke stabilan pada hard disk anda.

Karena setelah cara diatas dilakukan, terdapat perubahan signifikan ketika PC membaca keberadaan hard disk external tersebut. Proses pendeteksian lebih cepat dari sebelum dilakukan pengecekan seperti diatas.

Penutup

Berikut merupakan artikel dari Cara Mengatasi Hard Disk yang Lemot yang bisa anda coba di rumah, cara ini terbilang cukup mudah daripada membeli hard disk yang baru atau mengupgrade nya, karena bisa memakan biaya tambahan dan file dari hard disk lama belum tentu bisa di kembalikan.

Sekian,

Thio Setiyawan Part time blogger, mulai merintis dunia menulis sejak 2018 dan mungkin akan terus berlanjut sampai menjadi pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *